RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / 1
Pokok
Bahasan : Persamaan Kuadrat
Alokasi Waktu : 1 40 menit
A.
Standar
Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat.
B.
Kompetensi
Dasar
Peserta didik dapat menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berbagai rumus.
C.
Indikator
Menentukan persamaan kuadrat dengan berbagai
rumus.
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kelompok diskusi
peserta didik dapat menentukan
persamaan kuadrat dengan berbagai rumus.
E. Materi
Pembelajaran
Persamaan Kuadrat
F.
Metode dan Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Menerangkan, tanya jawab, pemberian tugas secara kelompok
Model Pembelajaran : kooperatif
tipe Think Pair Share (TPS)
G. Pelaksanaan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan :
a.
Guru
mengucapkan salam.
b.
Guru
mengecek kehadiran siswa.
c.
Guru
memotivasi siswa supaya aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti :
a. Guru
menjelaskan cara menyelesaikan persamaan kuadrat dengan cara faktorisasi,
melengkapi kuadrat sempurna, dan menggunakan kuadrat sempurna.
b. Guru membentuk
kelompok kecil beranggotakan 2-6 peserta didik, dengan kepandaian yang
berbeda-beda
c. Peserta didik
menyelesaikan lembar kerja yang diberikan guru secara mandiri (Thinking)
d. Setelah
mengerjakan sendiri, peserta didik diminta mendiskusikan dengan pasangannya (Pairing)
e. Guru meminta
peserta didik berkelompok mendiskusikan hasil pekerjaannya (Sharing)
f. Guru meminta
masing-masing kelompok mengerjakan di papan tulis
g. Guru meminta
peserta didik menjelaskan jawaban masing - masing
h. Guru
memberikan Lembar Kerja Peserta Didik
|
30 menit
|
3.
|
Penutup :
a. Guru
memberikan PR
b. Guru menutup
pelajaran dan mengakhiri dengan salam
|
5 menit
|
H. Alat dan Sumber
Belajar
Alat/Media : laptop, LCD, papan tulis, spidol,
dan LKS.
Sumber : - BSE Matematika SMA Kelas X
- Buku Matematika SMA Kelas X A Erlangga
I.
Penilaian
Teknik :
Tugas kelompok.
Bentuk instrumen :
Jawaban tertulis.
PERSAMAAN KUADRAT
Definisi :
Bentuk umum persamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c = 0 , dimana
a, b, c adalah bilangan Real dan a 0
x disebut peubah atau variabel
a disebut koefisien dari x2
b disebut koefisien dari x , dan
c disebut konstanta.
Dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu :
1. Faktorisasi
Dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan
faktorisasi menggunakan sifat perkalian sbb :
Jika ab = 0 , maka a = 0 , dan b = 0 .
Penerapannya adalah dengan menggubah
(memfaktorkan) bentuk persamaan ax2 + bx + c = 0 menjadi bentuk (ax
+ ) (x + ) = 0 lalu menyelesaikan bentuk terakhir menggunakan
sifat perkalian.
2.
Melengkapkan
bentuk kuadrat sempurna
Menyelesaikan persamaan kuadrat dengan
melengkapkan bentuk kuadrat sempurna artinya mengubah persamaan kuadrat ax2
+ bx + c = 0 menjadi bentuk (x + p)2 = q dengan q ≤ 0 dengan q
≥ 0.
3.
Menggunakan
rumus ABC
Penyelesaian persamaan kuadrat ax2 + bx
+ c = 0 , a 0 dengan
melengkapkan kuadrat selalu berhasil. Namun ada cara lain yaitu dengan cara
rumus ABC.
Contoh soal :
1. Selesaikan persamaan kuadrat sebagai
berikut dengan menggunakan rumus pemfaktoran
x2 – x – 6 = 0
2.
Selesaikan
persamaan kuadrat sebagai berikut dengan menggunakan rumus ABC
3x2 - 2x – 8 = 0
Jawab :
1. x2 – x – 6 = 0
(x – 3) (x + 2) = 0
x – 3 = 0 atau x + 2 = 0
x = 3 atau x = - 2
2. 3x2 - 2x – 8 = 0
atau
Jadi penyesaiannya adalah atau
Lembar
Kerja Peserta Didik
Nama :
Kelas :
Kelompok :
1.
Selesaikan
persamaan kuadrat x2 + 2x – 8 = 0 dengan menggunakan pemfaktoran!
2.
Selesaikan
persamaan kuadrat 4x2 – x – 3 = 0 dengan menggunakan rumus ABC!
Kunci Jawaban
1.
x2
+ 2x – 8 = 0
(x + 4) (x = 0
x + 4 = 0
atau x = 0
x = x = 2
2.
4x2
– x – 3 = 0
atau
Jadi penyesaiannya adalah atau
Tidak ada komentar:
Posting Komentar